Minggu, 19 Juli 2020

SENI BUDAYA KELAS 7 KD 3.1 Memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan (Pertemuan ke 2)




SENI BUDAYA (SENI RUPA 1)
Menggambar Flora, Fauna dan Alam benda

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

TUJUAN PEMBELAJARAN

 3.1 Memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan

3.1.1 Mengidentifikasi kekayaan dan keunikan  flora, fauna dan alam benda Indonesia

1. Peserta didik dapat menjelaskan  kekayaan  dan  keunikan  flora, fauna dan alam benda Indonesia

3.1.2 Mendeskripsikan unsur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan

 2. Peserta didik dapat  Menyebutkan unsur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan


A.  Pengertian Menggambar
Gambar merupakan bahasa yang  universal dan dikenal jauh sebelum manusia mengenal tulisan. Gambar sudah dikenal masyarakat sejak zaman purba. Pada saat itu, gambar sering dihubungkan dengan aktivitas manusia dan roh  leluhur yang dianggap memberi keberkahan dan perlindungan. Bagi manusia purba, gambar tidak sekedar sebagai alat komunikasi untuk roh leluhur saja, tetapi juga memberikan kekuatan dan motivasi untuk dapat bertahan hidup.
Manusia melalui menggambar dapat menyampaikan gagasan, ide, serta simbol sebagai salah satu bentuk ekspresi. Jadi menggambar merupakan salah satu sarana untuk mengekspresikan diri.Menggambar berasal dari kata dasar “Gambar” yang dalam KBBI, berarti: tiruan barang (orang, binatang, tumbuhan, dan sebagainya) yang dibuat dengan coretan pensil dan sebagainya pada kertas dan sebagainya; lukisan.

B. kekayaan dan keunikan  flora, fauna dan alam benda Indonesia
Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan kekayaan fauna dan flora dan merupakan yang terlengkap didunia. Fauna Indonesia Wilayah Indonesia memiliki kekayaan fauna yang sangat beragam. Keragaman fauna ini karena berbagai hal :Terletak di daerah tropis, sehingga mempunyai hutan hujan tropis (trophical rain forest) yang kaya akan tumbuhan dan hewan hutan tropis.Terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan AustraliaMerupakan negara kepulauan, hal ini menyebabkan setiap pulau memungkinkan tumbuh dan dan menyebarnya hewan dan tumbuhan khas tertentu sesuai dengan kondisi alamnya.Indonesia terletak di dua kawasan persebaran fauna dunia, yaitu Australis dan Oriental.Karena berbagai kondisi tersebut maka wilayah Indonesia kaya akan keanekaragaman fauna. Berbagai jenis fauna yang meliputi :Mamalia (lebih dari 500 jenis)Kupu-kupu (lebih dari 100 jenis)Reptil (lebih dari 600 jenis)Burung (lebih dari 1.500 jenis)Amfibi (lebih dari 250 jenis)Persebaran fauna dikelompokkan dalam 3 wilayah geografis yaitu fauna Indonesia Barat, fauna Indonesia Tengah dan fauna Indonesia Timur.Fauna yang terdapat di wilayah Indonesia Barat bertipe Asiatis, di wilayah Indonesia Tengah merupakan fauna khas/fauna asli Indonesia sedangkan wilayah fauna Indonesia Timur bertipe Australis

C. Unsur Dalam Menggambar
Unsur-unsur dalam menggambar antara lain ialah titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang sebagai berikut :
1. Titik
Adalah salah satu unsur dasar seni rupa yang paling kecil.Semua wujud sebuah karya, awalnya di hasilkan dari unsur titik ini. Titik juga bias menjadi pusat perhatian tersendiri jika berkumpul atau mempunyai warna berbeda dari yang lainnya.

2. Garis
Merupakan goresan atau limit/batas dari suatu benda, bidan, ruang, tekstur, warna, dan lain sebagainya. Garis sendiri mempunyai dimensi yang memanjang dan cenderung memiliki arah tertentu, serta mempunyai beberapa sifat, yang diantarannya panjang, pendek, tipis, lurus, horizontal, vertical, berombak, melengkung, miring, halus, tebal, patah-patah, dan masih banyak yang lainnya.
Pemanfaatan garis dalam sebuah desain digunakan untuk mencapai kesan tertentu, seperti hal nya membuat kesan kekar, megah, kuat, simple atau agung.

3. Bidang
Bidang dalam seni rupa ialah salah satu unsur seni rupa yang terbentuk atau dibentuk dari hubungan beberapa garis.Bidang sendiri mempunyai dimensi panjang dan lebar atau bisa disebut dengan pipih.
Bidang sendiri dapat terbentuk karena ada dua ujung garis yang saling bertemu atau bisa juga karena sapuan warna. Bidang juga di batasi dengan kontur dan disebut juga dengan bentuk 2 dimensi, yaitu cuma terdiri dari lebar dan panjang saja.
Dalam seni rupa juga terdapat beberapa bidang dasar, diantaranya adalah bidang segi empat, segitiga, lingkaran, trapesium, oval, dan lain sebagainya.

4. Bentuk
Bentuk menurut artian bahasa bisa dikatakan bangun (shape) atau juga bentuk plastis (form). Bangun (shape) merupakan bentuk benda yang polos, seperti hal nya yang nampak oleh mata, sekedar untuk mengatakan sifatnya saja (kotak, bundar, ornamental, atau tak beraturan).

5. Tekstur
Tekstur adalah suatu sifat permukaan sebuah benda. Sifat tersebut dapat berkesan kasar, lembut, halus, mengkilap, kusam, berpori, licin, dan lain sebagainya.

6. Warna
Teori warna yang berdasar kepada cahaya, dapat kita lihat melalui tujuh spektrum warna yang terdapat pada ilmu fisika, seperti hal nya dengan warna pelangi.
Secara teori warana dapat dipeljari lewat dua pendekatan, salah satunya dengan menggunakan teori warna yang berdasar pada pigmen warna (goethe) yaitu butiran halus yang terdapat pada warna. Berikut ada beberapa yang harus kamu ketahui tentang teori  pigmen warna :
- Warna Primer
adalah warna pokok atau warna dasar yang tidak bisa kita peroleh dari campuran warna lain. Warna tersebut adalah merah, kuning, dan biru.
- Warna Skunder
Yaitu warna yang didapatkan dari hasil pencampuran antara dua warna primer, misalkan warna ungu, oren (jingga), dan hijau.
- Warna Tersier
Yaitu warna yang di hasilkan dari percampuran dua warna skunder.
- Warna Analogus
Yaitu deretan warna yang letaknya berdekatan dalam suatu linkaran warna, misalkan warna kuning dengan ungu, merah dengan hijau, dan lain sebagainya.

7. Gelap Terang
Dalam karya seni rupa 2 dimensi,unsure gelap dan terang bisa berfungsi dalam beberapa hal,diantaranya menggambar benda seolah benda tersebut memiliki volume(3 dimensi).
Unsur gelap terang dalam karya seni rupa bisa terjadi karna intesitas warna(daya pancar), dapat juga terjadi karena percampuran antara warna hitam dan putih.

8. Ruang (kedalaman)
Jika dalam karya seni 3 dimensi dapat dirasakan langsung oleh sang penikmat tersebut, seperti halnya dengan  ruangan dalam rumah, ruang gedung dan lain sebagainya.
Dalam karya seni 2 dimensi, kesan ruang atau yang disebut juga dengan kedalaman bisa diperoleh dengan beberapa cara,yang diantaranya sebagai berikut :
a. Penggambaran gempal
b. Penggunaan perspektif warna
c. Peralihan warna,gelap,terang serta tekstur
d. Pergantian ukuran
e. Penggambaran bidang bertindih
f. Pergantian tampak bidang
g. Pelengkungan atau pembelokan bidang
h. Penambahan bayang-bayang

Setelah kalian memahami materi diatas silahkan di kerjakan soal dibawah dengan cara mengklik link dibawah ini! 👇



15 komentar:

  1. Nama: Muhammad Yusuf Nabhan
    Kelas:7B
    No A:24

    BalasHapus
  2. Nama:Mustofa Kamal wasfi
    Kelas:7B
    No:25

    BalasHapus
  3. Nama : Aditya irkham yahya
    Kelas: 7 E
    No.absen:01

    BalasHapus
  4. Nama: muhammad revaliza akbar
    No absen:16
    Kelas:7e

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum bu perkenalkan
    Nama: NAFA'ATUL ULYA
    Kelas:7E
    No absen:22

    BalasHapus
  6. Aliatus Ma'rifatun Utami
    Klas:7e
    No:3

    BalasHapus
  7. Nama:Renata Regina Cahyani
    Kls:7B
    No absen:28

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Nama: Miftakhul Ulum
    Kls:7B
    No.absen:22

    BalasHapus
  10. Nama:salman rosyi khan
    kelas:7a
    no.absen:27

    BalasHapus
  11. Nama :feby Ayu devita
    Kelas :7e
    No. Absen :8

    BalasHapus
  12. Nama:Uswatun ayu angraini
    Kelas:7E
    No.absen:32

    BalasHapus
  13. Muhammad Rafif Aufa Ahnaf 7E hadir

    BalasHapus
  14. Nama : Muhammad Rafif Aufa Ahnaf
    Kelas:7E
    No absen: 16

    BalasHapus